WAW Ternyata Kacang Merah Bisa Menurunkan Berat Badan, Simak Ulasannya!

  • Whatsapp

Kacang merah tak jarang diterapkan sebagai bahan pembuatan makanan, seperti sup, rendang, ataupun sebagai komplemen pada hidangan penutup. Tapi, manfaat kacang merah tak cuma sebatas sebagai bahan makanan saja. Lebih lanjut, kacang merah juga kapabel memberikan beraneka manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kacang merah mengandung beraneka asupan gizi yang diperlukan tubuh, seperti protein, karbohidrat, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B, folat, serta mineral termasuk kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi dan zinc.

Read More

Mengkonsumsi kacang merah secara teratur kapabel menurunkan risiko terjadinya beraneka penyakit membahayakan, seperti penyakit jantung dan diabetes. Kacang merah juga dapat menolong Anda menerima berat badan yang tepat.

Manfaat Kacang Merah

Berikut ini yaitu beraneka manfaat kacang merah yang perlu Anda kenal dan sayang sekali untuk dilewatkan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Sayangi jantung Anda dengan rutin mengkonsumsi kacang merah. Sebab 200 gram kacang merah, setidaknya mengandung 46 gram serat, melebihi jumlah serat yang Anda butuhkan per hari, adalah antara 25 – 30 gram. Serat yaitu salah satu asupan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung.
Kacang merah juga mengandung kalium yang bagus untuk jantung Anda. Kalium bisa menolong jantung berdenyut dengan normal bila Anda mempunyai dilema pada ritme jantung. Kecuali itu, kalium juga bisa menolong menurunkan tekanan darah tinggi.
Jumlah asupan kalium per hari yang direkomendasikan yaitu 4700 mg. Padahal di dalam 180 gram kacang merah terdapat sekitar 2500 mg kalium. Jumlah ini telah memenuhi 72 persen keperluan kalium harian.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kacang merah tak cuma mempunyai kandungan serat yang bagus untuk kesehatan jantung, namun juga antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi menampakkan bahwa mengkonsumsi cukup serat dan antioksidan yang bisa didapatkan dari kacang merah, kapabel mengurangi risiko terkena kanker.

3. Mengatur gula darah

Sedangkan wujudnya kecil, rupanya kacang merah yaitu makanan yang amat bagus bagi penderita diabetes. Penelitian menampakkan bahwa kacang merah yang kaya akan serat dan protein, serta mempunyai indeks glikemik rendah, bisa menolong penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah, mencegah penyakit metabolik, serta menolong efektivitas kerja insulin dalam tubuh. Penderita diabetes direkomendasikan untuk mengkonsumsi kacang merah kalengan tanpa sodium (garam) atau kacang merah rebus tiap-tiap minggunya.

4. Memenuhi keperluan gizi ibu hamil

Kacang merah juga bagus dikonsumsi selama kehamilan, sebab mengandung gizi penting bagi kesehatan ibu serta bayi dalam kandungan, seperti protein, asam folat, dan zat besi. Ketika hamil, wanita memerlukan zat besi dan asam folat lebih banyak. Kedua gizi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi dan plasenta. Sebab masa kehamilan, seorang wanita juga akan mengalami peningkatan jumlah sel darah dalam tubuh, sehingga diperlukan lebih banyak zat besi untuk menyusun sel-sel darah baru guna menentukan kecukupan oksigen dalam tubuhnya dan bayi dalam kandungan.
Kekurangan zat besi pada masa kehamilan bisa menyebabkan bayi terlahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah, ibu hamil mengalami anemia, gangguan mood, atau malah depresi.

5. Menurunkan berat badan

Guna menerima berat badan yang tepat, tak jarang orang menjalani diet dengan metode yang tak sehat. Diet yang sehat dan benar yaitu dengan memenuhi beraneka gizi yang diperlukan tubuh, termasuk protein dan serat, memerhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi, serta menghindari konsumsi lemak jenuh dan gula.
Kacang merah bisa memenuhi diet sehat hal yang demikian. Meski kacang merah mengandung serat tak larut yang bisa melancarkan pencernaan sekalian mencegah wasir, serta protein yang diperlukan untuk pembetulan jaringan tubuh.
Sedangkan bagus untuk kesehatan, kacang merah dapat memunculkan gas dalam usus. Sebab keadaan mentah, kacang merah juga mengandung racun yang bisa membahayakan bagi tubuh.

Oleh sebab itu, perlu dilaksanakan sebagian tahap pengolahan supaya kacang naik pitam bisa dikonsumsi dengan aman. Di antaranya yaitu dengan merebus kacang merah sampai mendidih secara pelan hingga lunak. juga dengan merendam kacang merah secara khusus dulu dan mengganti air rendaman sebagian kali sebelum dimasak. Hindari menerapkan air bekas rendaman untuk merebus kacang.

mengenal beraneka manfaat kacang merah yang dapat Anda peroleh, mulailah memasukkan kacang merah ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Anda bisa mengolahnya menjadi sup, minuman, atau mencampurkannya ke dalam salad.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *