TRANSFORMASI DIGITAL MELALU EPROCUREMENT, SIMAK INFORMASINYA BERIKUT INI UNTUK ANDA PARA PENGGUNA PADI UMKM

  • Whatsapp
TRANSFORMASI-DIGITAL-MELALU-EPROCUREMENT-SIMAK-INFORMASINYA-BERIKUT-INI-UNTUK-ANDA-PARA-PENGGUNA-PADI-UMKM
Foto dari Canva Pro

Menuai Manfaat dari Transformasi Digital, Dalam melakukan pengadaan barang dan jasa, perusahaan umumnya akan melakukan proses yang panjang dan berbelit-belit hingga mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan. Masalahnya, tahapan yang panjang dan rumit tersebut umumnya membuka peluang tindak korupsi yang pada akhirnya merugikan perusahaan.

Manfaat Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik bagi Perusahaan, Eprocurement menghadirkan proses pengadaan yang praktis dan efektif dibanding pengadaan secara konvensional. Lalu, apa saja manfaat jangka panjang yang akan diperoleh perusahaan dengan menerapkan eprocurement? Berikut adalah beberapa di antaranya yang dikutip dari mbiz co id.

Informasi pertama yang perlu pengguna PaDi UMKM ketahui yaitu Menekan Biaya, Dengan e-procurement, perusahaan akan terhindar dari masalah-masalah yang akan membuat biaya belanja membengkak, seperti duplikasi pembelian barang atau jasa, jumlah pengadaan yang tidak terkontrol, atau biaya-biaya tambahan pembuatan dokumen-dokumen fisik.

Informasi kedua yang perlu pengguna PaDi UMKM ketahui yaitu Pengeluaran Lebih Transparan, Karena seluruh prosesnya telah terintegrasi secara online, e-procurement akan memudahkan perusahaan dalam menyusun dan menganalisis laporan. Selain itu, perusahaan juga dapat memastikan prosedur pengadaan agar berjalan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan.

Informasi ketiga yang perlu pengguna PaDi UMKM ketahui yaitu Meningkatkan Produktivitas, Dengan e-procurement, proses pengadaan akan berjalan lebih cepat dan efektif. Dengan adanya riwayat transaksi yang tersimpan di dalam sistem, perusahaan juga akan lebih mudah jika ingin melakukan pembelian barang atau jasa yang sama di masa mendatang. Jadi, tidak perlu lagi melakukan proses yang berbelit-belit seperti ketika melakukan pengadaan secara konvensional.

Informasi keempat yang perlu pengguna PaDi UMKM ketahui yaitu Mengurangi Dokumen Fisik, Melalui e-procurement, semua dokumen dan data-data yang diperlukan untuk kegiatan pengadaan akan tersimpan secara otomatis di dalam sistem. Jadi, pencarian dokumen bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat tanpa perlu khawatir dokumen hilang, tertumpuk, atau terbawa orang lain.

Informasi kelima yang perlu pengguna PaDi UMKM ketahui yaitu Mempermudah Transaksi, Sistem digital pada e-procurement juga mendukung dan mempermudah proses pembelian, pembayaran, hingga pengiriman barang. Melalui platform ini, perusahaan bisa mencari vendor sesuai kebutuhan dan memilahnya sesuai jenis produk, anggaran, lokasi pengiriman, atau kuantitas.

Informasi keenam yang perlu pengguna PaDi UMKM ketahui yaitu Memudahkan Kontrol Pengadaan, Dalam perusahaan, masing-masing divisi terkadang memiliki cara pengadaan yang berbeda-beda. Dengan sistem e-procurement yang sudah terstruktur dan terintegrasi, maka divisi pengadaan akan lebih mudah dalam mengontrol pengadaan dari masing-masing divisi dalam perusahaan.

Informasi ketujuh yang perlu pengguna PaDi UMKM ketahui yaitu Menghindari Error, Karena menggunakan dokumen elektronik, e-procurement juga akan memudahkan tim pengadaan dalam memeriksa informasi yang diperlukan. Apabila ada informasi yang kurang atau salah, dokumen dapat diperbaiki dengan mudah dan cepat sehingga tidak menghambat proses-proses selanjutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *