Penyebab Warna Kusam Mobil, Anda Wajib Tahu

  • Whatsapp
Penyebab-Warna-Kusam-Mobil-Anda-Wajib-Tahu
Foto dari Canva Pro

Cat pada mobil sangat mudah menjadi kusam. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya karena jamur menempel pada cat mobil. Begitu pula dengan perawatan mobil yang salah kerap kali membuat warna skin mobil menjadi kusam. Saat melihat cat mobil yang kusam kebanyakan pemilik mobil akan segera mencuci mobil mereka. Tetapi faktanya sering mencuci mobil dapat menjadi penyebab warna kusam mobil, yuk cek disini.

Mencuci Mobil Ingin Bersih Tetapi Malah Jadi Risih

1. Jamur

Sebagian orang akan mengira jamur pada skin mobil dapat menempel karena efek menjemur mobil setelah di cuci di bawah terik matahari. Sehingga membuat debu dan kuman menempel pada mobil dan menimbulkan jamur. Faktanya penyebab munculnya jamur pada skin mobil bukan sebatas karena terik matahari, melainkan embun pagi yang menempel dan tidak dibersihkan dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jamur.

Selain itu jamur juga dapat tumbuh dikarenakan efek dari polusi udara. Karena dalam polusi udara terdapat kandungan minyak solar, polusi dari air asin dan juga bensin yang dapat membuat warna cat mobil menjadi turun atau kusam. Salah satu perawatan mobil yang dapat anda lakukan adalah dengan mencuci mobil secara rutin. Namun pencucian yang rutin justru membuat warna mobil menjadi kusam, hal ini terjadi karena pencucian mobil yang salah.

2. Penggunaan Shampo Mobil

Dalam mencuci mobil anda perlu memperhatikan kandungan shampo dan sabun yang akan anda gunakan untuk mencuci. Pasalnya kandungan shampo dan sabun yang memiliki Ph dan asam yang tinggi dapat menjadi penyebab warna kusam mobil. Karena shampo atau sabun yang memiliki Ph tinggi akan menggerus proteksi yang ada pada cat mobil. Dengan tergerusnya proteksi, warna cat mobil akan memudar dan membuat mobil tampak lebih kusam.

Untuk itu ada baiknya untuk mengecek kandungan yang terdapat pada shampo dan sabun cuci mobil sebelum menggunakannya. Usahakan anda membedakan lap yang digunakan untuk mencuci dan mengeringkan mobil. Pasalanya lap yang digunakan untuk mencuci mobil akan cenderung banyak dihinggapi bakteri meski telah dicuci berulang kali. Sehingga apabila juga digunakan untuk mengeringkan akan malah menumpuk bakteri pada skin mobil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *