Jual Mobil Bekas Juga Butuh Persiapan, 5 Hal ini  Harus Dipersiapkan Sebelum Menjual Mobil

  • Whatsapp
Jual-Mobil-Bekas-Juga-Butuh-Persiapan-5-Hal-ini -Harus-Dipersiapkan-Sebelum-Menjual-Mobil
Foto dari garasi.id

Menjual mobil tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada proses yang harus Anda lalui dan juga hal-hal yang perlu dipersiapkan. Hal ini penting agar transaksi jual beli mobil bekas milik Anda bisa berjalan lancar, baik selama proses berlangsung ataupun setelah transaksi jual beli ini terjadi.

Jadi, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum Anda menjual mobil bekas milik Anda? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Persiapkan dokumen mobil

Yang pertama, Anda perlu menyiapkan dokumen atau surat-surat penting yang terkait dengan mobil Anda, yaitu BPKB, STNK, dan lembar pajak. Pastikan semuanya masih lengkap sehingga calon pembeli tidak mengira mobil Anda adalah mobil bodong atau bahkan mobil curian.

Pastikan juga pajak mobil Anda masih hidup. Jika Anda merasa pernah menunggak pajak kendaraan, lebih baik selesaikan dulu hal tersebut. Lunasi tunggakan pajak agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

2. Persiapkan faktur

Faktur merupakan salah satu dokumen penting kepemilikan mobil. Bisa dikatakan faktur merupakan surat lahir mobil Anda. Pada saat pembelian mobil baru, pihak dealer akan mengeluarkan empat rangkap faktur. Satu untuk pihak dealer, dua lembar untuk diserahkan ke kepolisian, dan satu lembar dipegang oleh pemilik mobil.

Jika faktur ini hilang, akan membuat harga jual mobil menjadi turun. Untuk itu, cari kembali faktur mobil Anda agar Anda bisa menjual mobil dengan harga tinggi.

3. Siapkan kwitansi kosong dan materai

Hal ketiga yang perlu dipersiapkan ketika hendak melakukan transaksi jual beli mobil bekas adalah menyiapkan kwitansi kosong. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melengkapinya dengan materai dan fotokopi KTP Anda sebagai pemilik mobil. Kuitansi ini nantinya akan digunakan oleh pembeli mobil Anda untuk proses balik nama.

4. Siapkan surat jual beli

Karena Anda akan melakukan transaksi jual beli dengan nilai yang tidak sedikit, Anda juga perlu menyiapkan surat jual beli. Surat jual beli ini nantinya juga menjadi surat perjanjian di antara kedua belah pihak.

Surat ini tidak hanya memuat proses jual beli yang akan dilakukan, namun juga memuat hal-hal yang disepakati terkait mobil yang dijual tersebut. Dengan adanya surat ini dan perjanjian-perjanjian yang dimuat di dalamnya, diharapkan tidak ada komplain atau gugatan di kemudian hari karena kedua belah pihak sudah sepakat untuk menyetujuinya.

5. Pilih tempat menjual yang tepat

Foto dari garasi.id

Tidak hanya menyiapkan dokumen atau surat-surat penting, Anda juga perlu memilih tempat jual mobil bekas yang tepat. Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih, baik yang offline maupun yang online. Namun pastikan Anda memilih tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya dan kredibel sehingga Anda bisa terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Salah satu tempat terpercaya untuk menjual mobil bekas adalah Garasi.id.

Garasi.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang dilakukan secara online. Di sini, Anda tidak hanya menjual mobil namun juga bisa membeli mobil bekas dengan kualitas yang baik. Tersedia berbagai macam merk dengan harga yang juga bervariasi.

Untuk Anda yang ingin menjual mobil bekas di Garasi.id, tidak usah ragu lagi karena menjual mobil bekas di platform ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi laman Garasi.id kemudian pilih Jual Mobil. Pada halaman ini, Anda bisa langsung mengunggah foto mobil Anda yang akan dijual. Jangan lupa juga isi keterangan dari mobil tersebut.

Jika sudah selesai, Anda juga perlu melengkapi informasi atau data-data terkait yang dibutuhkan untuk kelancaran proses transaksi. Setelah semua data sudah lengkap terisi, iklan mobil Anda siap tayang dan Anda tinggal menunggu calon pembeli datang.

Iklan penjualan mobil ini akan ditayangkan di laman Garasi.id secara gratis. Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk ini. Jika Anda ingin layanan yang lebih, Anda bisa menggunakan fitur premium yang disediakan oleh platform ini. Mudah, kan?

Jadi, untuk Anda yang ingin menjual mobil bekasnya, jangan lupa siapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan dan jangan lupa juga memilih tempat jual beli mobil bekas terpercaya untuk menjual mobil Anda, seperti di Garasi.id.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *