Ingin Hemat Pengeluaran? Pesan Tiket Kereta Api Lebaran Jauh Hari, Yuk!

  • Whatsapp
Ingin-Hemat-Pengeluaran-Pesan-Tiket-Kereta-Api-Lebaran-Jauh-Hari-Yuk
Foto dari Canva Photos Unlimited

Tak terasa setahun telah berlalu, Ramadhan dan hari raya Idul Fitri bakal datang sebentar lagi. Bagi Anda yang bekerja atau merantau di luar kota, mudik lebaran mungkin sudah menjadi tradisi turun temurun. Seperti tahun-tahun yang telah berlalu, kemacetan bukan hal yang asing di telinga. Oleh sebab itu, Anda harus memilih transportasi umum yang lebih cepat dan tidak terkendala macet. Pesan sekarang atau harga tiket kereta lebaran bakal melonjak, lho!

Pesan Tiket Kereta Api

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus memesan tiket kereta api jauh-jauh hari antara lain:

1. Menghindari risiko kehabisan tiket

Semakin dekat hari lebaran, semakin banyak orang yang merencanakan keberangkatan pulang kampung. Semua sarana transportasi selalu penuh dengan permintaan masyarakat yang hendak mudik.

Kereta api menjadi primadona sarana transportasi darat karena lebih cepat atau tidak mengalami risiko macet seperti kendaraan darat lain. Kalau Anda kehabisan tiket dari PT KAI, tentu Anda harus merencanakan mudik lebaran dengan akomodasi lain.

Sebaiknya pesan tiket kereta secara online yang lebih mudah, praktis dan fleksibel. Tak perlu buang waktu untuk mendaftar di loket tiket stasiun. Selain itu, Anda tidak bisa memilih tempat duduk secara kolektif saat memilih beli tiket secara manual.

2. Harga yang lebih murah

Alasan Anda harus mempertimbangkan pesan tiket kereta api jelang mudik sekarang juga adalah harga yang lebih murah. Biasanya harga tiket kereta lebaran dibanderol lebih mahal jelang hari H. kalau ingin menghemat anggaran pulang kampung, Anda harus mencari informasi begitu penjualan tiket mudik dibuka.

3. Mendapatkan promo atau potongan harga menarik

Alasan yang tak kalah penting kenapa Anda harus membeli tiket kereta lebaran sejak awal karena bisa mendapatkan kesempatan promo atau potongan harga. Siapa tahu Anda bisa menghemat anggaran lebih banyak berkat promo menarik dari KAI atau agen perjalanan lain.

4. Bisa memilih kelas kursi kereta api

Semakin awal Anda memesan, semakin banyak pilihan kelas kursi yang ada. Kalau Anda ingin menikmati kelas bisnis atau eksekutif, sah-sah saja. Bisa pula Anda yang ingin mudik dengan biaya terbatas atau hemat, bisa memesan kelas ekonomi agak awal. Biasanya kelas ekonomi bakal diserbu banyak penumpang yang berharap bisa menghemat anggaran mudik. Toh, kursi kelas ekonomi kereta api memiliki fasilitas yang tak kalah menarik dengan kelas yang lebih tinggi.

5. Terhindar dari risiko calo

Sudah menjadi berita umum mengenai calo yang berusaha mengambil keuntungan dengan menjual tiket kereta api lebih mahal. Untuk mengantisipasi hal tersebut, PT KAI tampaknya menerapkan aturan baru seputar pemesanan tiket kereta. Calon penumpang bisa membeli tiket kereta H-30 jelang tanggal keberangkatan Anda. Setidaknya Anda bisa menyiapkan segala rencana terkait perjalanan mudik lebih matang.

Anda juga bisa bebas dari calo tiket kereta api sebab PT KAI menerapkan kebijakan baru terkait identitas penumpang. Jadi, identitas calon penumpang harus sama dengan data tiket yang telah didaftarkan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak karena terjebak calo tiket. Yuk, beli tiket kereta api Anda jauh hari sebelum masa lebaran tiba!

Berdasarkan ulasan mengenai alasan Anda harus pesan tiket kereta api jauh hari bisa menjadi pertimbangan untuk merencanakan jadwal pulang kampung lebih baik. Setidaknya Anda mendapatkan peluang untuk membeli harga tiket kereta lebaran lebih murah atau memiliki harga normal. Saat terjadi lonjakan penumpang, bisa jadi kenaikan harga kereta tambahan akan membuat perencanaan keuangan Anda kacau balau.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *