Berikut Ulasan Kegunaan Bayam Merah

  • Whatsapp

Bayam merah atau umum disebut bayam Cina ialah salah satu tanaman bernilai ekonomis tinggi. Padahal bayam merah mempunyai rasa yang sama dengan bayam hijau, kandungan zat warnanya mewujudkan manfaat bayam merah sebagai antioksidan lebih unggul.

Sama seperti bayam pada biasanya, tumbuhan bernama Latin Amaranthus dubius ini dianggap mempunyai segudang manfaat. Walau disebut bayam merah, bayam tipe ini mempunyai daun dan batang berwarna merah keunguan. Bayam merah ini bisa tumbuh di tempat beriklim panas yang banyak terpapar cahaya sang surya, termasuk di Indonesia.

Read More

Manfaat Bayam Merah

Bayam hijau ataupun merah mempunyai kandungan gizi yang bagus bagi tubuh. Gizi yang terkandung di dalam sayuran ini termasuk karbohidrat rumit, serat, air, serta vitamin A, B, C, K, folat, dan mineral seperti kalium, zat besi, kalsium dan magnesium. Kecuali itu, bayam merah mempunyai kandungan anthocyanin yang memberikan warna merah keunguan pada sayuran ini. Zat ini mempunyai sifat antioksidan.

Kecuali sebagai sumber gizi, berikut ini yakni sebagian potensi manfaat bayam merah yang perlu Anda kenal, yakni:

1. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Sebuah penelitian menerapkan ekstrak bayam merah yang mengandung nitrat oksida, dilaksanakan guna menguji efek sayuran hal yang demikian pada daya kerja tubuh sesudah olahraga, kesehatan pembuluh darah, dan kelancaran aliran darah.
Penelitian ini menampakkan bahwa ekstrak bayam merah kapabel menstimulus penyusunan nitrat oksida natural di dalam tubuh. Efek ini tampak bisa membetuli kelenturan pembuluh darah, menolong memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan menolong menurunkan tekanan darah sedangkan dalam jumlah sedikit.
Cuma saja penelitian ini masih terbatas pada studi berskala kecil. Untuk memutuskan efek bayam merah untuk kesehatan pembuluh darah dan potensinya sebagai obat, masih dibutuhkan studi ilmiah lebih lanjut.

2. Mempunyai sifat antikanker

Manfaat bayam merah lainnya yakni untuk melawan penyakit kanker. Menurut penelitian di lab, ditemukan bahwa ekstrak bayam merah yang mempunyai antioksidan tinggi dapat menghalangi pertumbuhan sel kanker. Sayangnya inovasi ini butuh ditelaah lebih lanjut sebab masih terbatas pada hasil penelitian di lab, dan belum teruji secara klinis pada manusia.

3. Menolong membatasi kadar kolesterol dan gula darah.

Kecuali menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta melawan kanker, bayam merah juga diduga bisa menolong membatasi kadar kolesterol dan gula darah. Sebuah penelitian kepada tikus menunjukkan bahwa bayam merah bisa mengurangi kadar gula darah, trigliserida, dan kolesterol. Akan melainkan, manfaat bayam merah yang satu ini belum teruji pada manusia, sehingga masih belum bisa diterapkan sebagai pengobatan.

Padahal penelitian-penelitian mengenai manfaat bayam merah masih belum banyak, melainkan sayuran ini memang telah lazim diterapkan sebagai bahan makanan, termasuk di Indonesia. Oleh sebab itu, tak ada salahnya memasukkan bayam merah sebagai alternatif makanan sehat untuk Anda konsumsi sehari-hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *