Berikut Adalah Tips Supaya Tekanan Darah Turun

  • Whatsapp

Sekiranya diperbolehkan tanpa penanganan, tekanan darah tinggi bisa membuatmu lebih berisiko terkena penyakit membahayakan, seperti gangguan jantung dan stroke. Namun jangan panik! Kau tak perlu kebingungan, sebab ada sistem-sistem simpel yang dapat kau lakukan untuk menurunkan tekanan darahmu.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi erat kaitannya dengan kultur sehari-hari, seperti pola makan, waktu tidur, dan kesibukan jasmani. Kecuali mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, sistem gampang untuk menurunkan tekanan darah merupakan dengan merubah kultur menjadi lebih sehat.

Read More

1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Ada sebagian kultur sehat yang dapat kau terapkan sehari-hari untuk menolong menurunkan tekanan darah, antara lain:

2. Rutin berolahraga

Olahraga dan bergerak aktif bisa memperkuat otot jantung sehingga mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan juga menurunkan tekanan darah. Aliran darahmu juga jadi lebih lancar. Kau direkomendasikan untuk olahraga atau bergerak aktif 3-4 kali per pekan, masing-masing 30 menit atau sepadan 150 menit per pekan.

3. Aktif bergerak

Aktif bergerak bukan cuma berolahraga saja. Kau telah terhitung bergerak aktif dengan memperbanyak kesibukan jasmani, seperti berjalan kaki, menaiki tangga, membereskan rumah, bersepeda, atau mencuci kendaraan beroda empat. Kegiatan hal yang demikian perlu dilaksanakan setidaknya separuh jam tiap-tiap hari.

4. Stop mengisap rokok

Supaya pembuluh darah lebih sehat, kau disarankan stop mengisap rokok. Mengisap bisa menyebabkan kerusakan dinding pembuluh darah, peradangan, dan penyempitan arteri.
Segala elemen ini menyebabkan tekanan darah meningkat secara berjenjang. Malah, perokok pasif atau orang yang kerap dikelilingi asap rokok juga bisa mengalami hipertensi di masa akan datang.

5. Rehat cukup, jauhi alkohol, dan batasi kafein

Tekanan darah pada orang yang kerap mengalami gangguan tidur, mengkonsumsi alkohol, dan mengkonsumsi kafein, cenderung lebih tinggi. Jadi, yuk biasakan untuk mencukupi keperluan istrahat, dengan tidur 7-9 jam sehari. Satu lagi, jauhkan diri dari alkohol dan batasi kafein yang terdapat pada kopi, coklat, atau minuman berenergi.

6. Kurangi konsumsi garam

Garam mengandung natrium, yang kalau dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Faktanya, sekitar 75% konsumsi natrium berlebih berasal dari makanan kemasan dan makanan di luar rumah.
Supaya tekanan darah stabil, kau disarankan memasak dan mengendalikan sendiri bahan masak yang pantas. Batasi asupan garam kurang dari 1,5 gram per hari.

7. Kurangi karbohidrat rafinasi

Mengurangi konsumsi karbohidrat rafinasi, seperti nasi putih dan roti, rupanya bisa menurunkan tekanan darah, pun lebih tepat sasaran ketimbang diet rendah lemak. Sebagai gantinya, kau dapat memperbanyak makanan kaya protein seperti ikan, telor, daging sapi, dada ayam, kacang-kacangan dan keju.

8. Konsumsi cukup kalium

Mengkonsumsi kalium bisa menolong mengeluarkan natrium keluar dari tubuh. Kau dapat mendapatkannya secara natural dari pisang, alpukat, jeruk, susu rendah lemak, ikan, dan sayuran seperti kentang, tomat, dan bayam. Khusus untuk penderita penyakit ginjal, sebaiknya konsultasikan ke dokter dahulu.

9. Kelola stres dengan bagus

Kau perlu memahami bahwa tak segala hal akan berjalan pantas agenda. Karena semestinya diamati, usahakan untuk senantiasa mengelola stres dengan bagus, apalagi pada dikala agenda-rencanamu tak berjalan pantas kemauan.
Selain, stres dapat turut memengaruhi emosionil dan tekanan darah di dalam tubuhmu. Stres yang berkepanjangan juga dapat memengaruhi pola hidupmu sehingga lebih berisiko meningkatkan tekanan darah.

Kecuali sebagian nilai di atas, melowongkan waktu untuk menenangkan pikiran dan rajin melatih pernafasan juga penting dilaksanakan untuk menjaga tekanan darahmu konsisten normal. Kau dapat mengaplikasikan waktu lowong untuk menjalankan hal menyenangkan, seperti berjalan-jalan bersama keluarga, bermain bersama si kecil atau berbincang dengan sahabat.

Bagi beberapa orang, perubahan gaya hidup saja tak cukup untuk membikin tekanan darah konsisten terkontrol. Mereka juga semestinya mengkonsumsi obat penurun tekanan darah secara teratur. Sekiranya kau menerima obat dari dokter, jangan stop mengonsumsinya ya, sambil konsisten mengaplikasikan pola hidup sehat seperti di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *