6 Keuntungan Menggunakan Kartu E-Money

  • Whatsapp
6-Keuntungan-Menggunakan-Kartu-E-Money
Foto dari Canva Pro

Uang elektronik saat ini semakin populer karena ditunjang dengan kemajuan teknologi yang serba cepat. Selain itu, tren belanja menggunakan uang elektronik juga semakin meningkat karena banyak toko dan tempat yang menggunakan sistem pembayaran ini. Salah satu uang elektronik menggunakan kartu e money untuk transaksinya.

Uang elektronik bisa dibedakan menjadi dua. Pertama, uang elektronik menggunakan kartu yang dikeluarkan oleh bank tertentu dan juga uang elektronik berasal dari perusahaan financial technology (fintech). Uang elektronik yang terakhir merupakan uang elektronik berbasis aplikasi pada smartphone untuk transaksinya. Biasanya, uang elektronik berbasis aplikasi terhubung dengan aplikasi lain seperti transportasi hingga pengiriman barang.

Penggunaan Kartu E Money dan Keuntungannya

Penggunaan uang elektronik menggunakan kartu digunakan untuk membayar alat transportasi, jalan tol, dan juga tempat parkir yang tertera logo e money. Selain praktis, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan kartu e money:

1. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Uang elektronik tidak menggunakan uang fisik saat bertransaksi. Cara ini dapat mengurangi dan mencegah peredaran uang palsu pada saat Anda melakukan pembayaran. Uang palsu tentu sangat merugikan dan merupakan suatu tindakan ilegal. Hal ini tentu merugikan penjual maupun konsumen yang berbelanja.

2. Mudah Mendapat Diskon

Beberapa bank yang mengeluarkan kartu e money biasanya bekerja sama dengan toko-toko atau perusahaan transportasi tertentu untuk memberikan potongan harga atau diskon pada pelanggannya. Dengan menggunakan uang elektronik, Anda dapat menghemat pengeluaran karena adanya diskon ini.

3. Tidak Perlu Kembalian

Terkadang, kembalian justru merugikan karena tidak dapat digunakan untuk membeli apa-apa. Misalnya, Anda mendapat kembalian dengan nominal yang tidak ada wujudnya seperti Rp75 atau uang logam yang akan berat di dompet. Uang elektronik dapat mengurangi kembalian-kembalian tersebut.

4. Pembayaran Lebih Cepat

Transaksi menggunakan uang elektronik akan lebih cepat dibandingkan dengan cara konvensional. Uang elektronik ini akan sangat berguna untuk membayar tempat-tempat yang harus antri seperti loket di jalan tol, kereta (commuter line atau Railink di Bandara Kualanamu), dan juga pembayaran di SPBU.

Ketika menggunakan e money, Anda dapat menghemat waktu untuk mengeluarkan uang dan mendapat kembalian. Demikian, antrian di belakang Anda akan lebih cepat mendapatkan pelayanan dan antrian tidak terlalu lama.

5. Lebih Aman

Pembayaran menggunakan uang konvensional perlu membawa uang banyak saat melakukan transaksi. Cara ini cukup berbahaya, apabila ada orang yang berniat jahat untuk mencuri atau menjambret dompet dan tas Anda.

Dengan uang elektronik, Anda tidak perlu membawa banyak uang. Namun, Anda juga tetap harus berhati-hati membawa uang elektronik dengan kartu ini agar tidak hilang. Jika hilang, saldo yang ada di dalam uang elektronik juga akan menghilang. Meski demikian, membawa kartu e money akan lebih mudah dibandingkan dengan membawa banyak uang di dalam dompet.

6. Dapat Digunakan Tanpa Harus Membuka Rekening

Salah satu keunggulan menggunakan uang elektronik, terutama dalam bentuk kartu, Anda tidak perlu membuka rekening yang sama dengan kartu e money dikeluarkan. Anda dapat melakukan isi ulang di toko-toko yang bekerja sama dengan kartu tersebut dikeluarkan. Selain itu, Anda dapat membeli kartu uang elektronik dengan berbagai custom desain yang sesuai dengan desain favorit Anda.

Kartu e money dapat diperoleh di berbagai marketplace. Anda bisa membeli kartu yang telah terisi saldo atau belum terisi saldo. Kartu dapat berisi salo mulai dari Rp50.000 hingga Rp1000.000.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *