5 Manfaat Pemberian Label pada Paket yang Dikirimkan ke Luar Negeri

  • Whatsapp
5-Manfaat-Pemberian-Label-pada-Paket-yang-Dikirimkan-ke-Luar-Negeri
Foto dari Canva Pro

Mengirimkan barang ke luar negeri memang tidak terasa semudah ekspedisi di dalam negeri. Ada beberapa poin penting yang seharusnya dilakukan dan salah satunya adalah memberi label pada barang yang dikirimkan. Hal ini penting untuk jenisĀ  pengiriman barang ke luar negeri seperti kirim barang ke Amerika atau negara-negara tujuan lainnya.

Manfaat Pelabelan

Untuk apa fungsi dari pemberian label ini? Demi menjaga keamanan barang memang disarankan untuk tidak hanya memperhatikan jenis packing tapi juga memberi label. Pelabelan paket memiliki fungsi yang cukup penting dalam dunia ekspedisi. Berikut ini adalah 5 manfaat pemberian label untuk paket yang akan Anda kirimkan ke negara lain:

1. Menunjukkan Kategori Barang

Pemberian label ini jelas akan menjadi petunjuk kategori atau jenis barang yang dikirimkan. Label barang akan menunjukkan identitas dari barang tersebut. Dengan adanya label maka bisa diketahui apakah jenis produk ini pecah belah, elektronik, dan lain sebagainya. Sangat penting digunakan untuk jenis barang yang memang rentan rusak.

2. Memberi Petunjuk Perlakuan Khusus

Label juga akan menjadi petunjuk perlakuan khusus sebuah barang. Paket telah dikemas menggunakan packing yang rapi. Artinya, pengemasan ini akan membuat jenis barang sulit untuk diketahui. Adanya label akan memberi sinyal mengenai jenis barang yang ada di dalam kemasan. Dengan begitu jika barang butuh perlakuan khusus maka dapat dipenuhi oleh jasa ekspedisi.

3. Memberi Rasa Aman

Pemberian label saat kirim barang ke Amerika maupun negara lain akan membantu memberikan rasa aman. Label ini akan memastikan bahwa barang mendapatkan perlakuan yang memang sesuai dengan jenisnya. Secara otomatis dengan adanya label ini akan muncul rasa percaya dan aman yang lebih besar. Anda pun tak perlu ragu lagi dengan keamanan paket untuk sampai ke tempat tujuan.

4. Mempermudah Kerja Kurir

Pelabelan juga akan mempermudah kerja kurir dalam mengirimkan barang. Kurir akan menyusun barang dan mengelolanya sesuai jenis barang. Jika ada barang-barang yang diberi label rawan atau rentan rusak maka akan disusun sedemikian rupa untuk menghindari kerusakan. Tanpa label, kurir bisa saja memperlakukan barang tidak semestinya yang justru menyebabkan kerugian.

5. Menurunkan Risiko Kerusakan

Jelas sekali bahwa pemberian label pada barang yang dikirim ke luar negeri akan membantu menurunkan risiko kerusakan. Memang benar jika kerusakan barang cukup sulit untuk dihindari agar tidak terjadi. Namun, risikonya bisa diminimalkan dengan packing yang tepat serta pemberian label sebagai bentuk peringatan atau sinyal kepada kurir.

Itulah tadi manfaat pemberian label pada paket yang akan Anda kirimkan ke luar negeri. Saat ini kirim barang ke Amerika atau negara lain di seluruh dunia sudah semakin mudah untuk dilakukan. Banyak sekali jasa ekspedisi yang membuka penawaran layanan untuk mengirimkan barang dengan mudah dan cepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *