4 Tips Memilih Hammock Terbaik Untuk Camping

  • Whatsapp
4-Tips-Memilih-Hammock-Terbaik-Untuk-Camping
Foto dari ticketothemoon

Saat liburan, tak sedikit anak muda yang memilih untuk camping. Agar camping nyaman, selain tenda, ternyata hammock jadi benda wajib untuk dibawa juga. Tak heran, pada saat tersebut supplier produk hammock seperti Ticket to The Moon Official Store sering banjir order.

Apa itu Hammock?

Bagi Anda yang mungkin belum tahu apa itu hammock, hammock adalah tempat tidur gantung yang dapat diikatkan ke pohon. Terbuat dari bahan kain tipis (tapi kuat) dan ringan, agar mudah masuk ke dalam tas dan dibawa.

Hammock tersedia dalam banyak pilihan warna, baik itu gelap seperti hitam, abu-abu, biru dan coklat, serta terang seperti merah, kuning, hijau dan putih. Untuk motif, umumnya polos. Tapi, saat ini Anda juga bisa menemukan hammock bermotif garis atau floral.

Memilih Hammock Terbaik untuk Camping

Meski banyak dijual, ternyata memilih hammock tak boleh sembarangan. Terasa nyaman digunakan saja tak cukup, harus aman juga. Nah, agar Anda tak salah pilih, mari simak 4 tips memilih hammock terbaik untuk camping yang telah kami rangkum untuk Anda berikut ini.

1. Bahannya Punya Sirkulasi Udara yang Baik

Fungsi utama hammock adalah sebagai tempat tidur. Jadi, pastikan bahan hammock yang Anda pilih punya sirkulasi udara yang baik agar nyaman digunakan saat tidur.

Bahan hammock dengan sirkulasi yang buruk akan membuat Anda banyak berkeringat saat  digunakan untuk tidur. Akibatnya, hammock jadi mudah kotor dan bau serta berisiko membuat kulit Anda gatal-gatal.

Nah, bahan yang sangat direkomendasikan adalah parasut silk. Sebab, dari segi kekuatan bahan ini tak perlu diragukan lagi. Merupakan bahan yang sering dipakai membuat parasut untuk olahraga paralayang. Selain itu, punya sirkulasi udara yang baik.

Ada cara untuk mengetes apakah bahan hammock yang Anda pilih benar punya sirkulasi udara yang baik yaitu, dengan menutupi wajah menggunakan bahan hammock tersebut, lalu tekan dan ambil napas. Apabila Anda merasa sesak, maka bahan hammock tersebut tak punya sirkulasi udara yang baik.

2. Kualitas Jahitan Harus Baik

Penyebab kerusakan hammock yang paling sering  terjadi adalah karena kualitas jahitan kurang baik. Jahitan kurang baik terlihat dari bahan benang yang digunakan tidak sesuai dan begitu pula dengan teknik penjahitannya.

Untuk mengecek kualitas jahitan hammock yang Anda pilih, Anda bisa melakukannya dengan cara merabanya dengan tangan. Jika teksturnya terasa tajam, maka kualitas jahitan tergolong kurang baik. Selain itu, jahitan juga harus terdiri dari tiga lapis.

Kualitas jahitan memang faktor krusial karena hammock yang jahitannya mudah rusak tentunya tak aman digunakan. Agar tak perlu repot-repot melakukan pengecekan, belilah hammock di supplier terpercaya seperti Ticket to The Moon Official Store.

3. Tali Pengait Terbuat dari Nilon

Sama seperti kualitas jahitan, tali pengait pada hammock juga merupakan faktor krusial yang menentukan keamanan penggunaan. Umumnya, bahan tali pengaman yang sering digunakan adalah webbing dan nilon.

Penting untuk diketahui, tali pengait berbahan webbing punya  kelemahan utama yaitu ketika terus bergesekan dengan media bertekstur kasar, ia akan mudah putus.

Berbeda dengan nilon yang lebih kuat. Meski terus bergesekan dengan media bertekstur kasar, masih ada ruang di serat-seratnya yang putus. Selain itu, tali pengait berbahan nilon teruji mampu menahan beban hingga 450 kg.

4. Memiliki Buku Panduan dan Garansi

Tips terakhir, pastikan hammock yang Anda pilih memiliki buku panduan yang berisi informasi terkait seperti bahan, warna, ukuran dan cara penggunaannya, serta garansi penukaran atau perbaikan hammock saat rusak dalam jangka waktu yang ditentukan.

Itulah informasi 4 tips memilih hammock terbaik untuk camping yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya Anda tak perlu repot mempraktekan tips ini lho karena Anda tinggal membeli hammock di supplier terpercaya seperti Ticket to The Moon Official Store saja. Jaminan kualitasnya tak perlu diragukan lagi!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *