4 Syarat Penumpang Lion Air saat New Normal

  • Whatsapp
4-Syarat-Penumpang-Lion-Air-saat-New-Normal
Foto dari Canva Pro

Lion Air merupakan salah satu maskapai yang menawarkan tiket pesawat yang ringan di kantong. Bagi Anda pemegang tiket Lion Air, saat masa pandemi Covid-19 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum masuk ke dalam pesawat. Adanya tata kehidupan baru ini merupakan salah satu cara agar tetap produktif.

Syarat Penumpang Lion Air

Penerbangan dengan Lion Air masih dibuka, terutama tujuan Jakarta ke Surabaya. Namun, ada beberapa dokumen yang harus Anda penuhi sebelum turut terbang dengan maskapai tersebut. Persyaratan ini juga berlaku untuk pesawat yang sama di bawah naungan Lion Air group yaitu Batik Air dan Wings Air. Syarat tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Menunjukkan Kelengkapan Dokumen

Sebelum terbang, Anda harus menunjukkan beberapa dokumen wajib yang harus dimiliki oleh calon penumpang antara lain adalah sertifikat bebas Covid-19 dan tiket pesawat yang valid.

Sertifikat bebas Covid-19 ini diperoleh dengan menyertakan hasil rapid test yang masih berlaku maksimal tiga hari setelah waktu tes atau hasil dari Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) test atau swab test maksimal tujuh hari dari tanggal diterbitkan.

Untuk calon penumpang yang menggunakan rapid test, Anda harus memiliki hasil non-reaktif. Sedangkan untuk hasil swab test hasil yang diperoleh juga harus negatif.

Apabila di tempat Anda tidak ada layanan kedua tes tersebut, Anda harus mendapat surat keterangan sehat bebas gejala influenza dari layanan fasilitas kesehatan.

Dokumen lain yang harus Anda tunjukkan adalah Anda telah mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC) dari situs web Kementerian Kesehatan. Kartu ini merupakan kartu kewaspadaan kesehatan sebagai bukti bahwa Anda sehat.

2. Membawa Hand Sanitizer atau Sabun Cair

Selalu membawa pembersih tangan dengan kandungan alkohol setidaknya 60%. Anda bisa membawa pembersih tangan berbentuk cairan atau gel di botol kecil berukuran 100ml.

Usahakan pula membawa sabun cair di botol kecil untuk mencuci tangan sewaktu-waktu apabila Anda memiliki akses ke toilet. Selalu bersihkan tangan setelah memegang benda dengan permukaan yang banyak disentuh oleh orang seperti gagang pintu, meja, kursi, atau troli untuk bagasi.

3. Datang 4 Jam Sebelum Berangkat

Sebelum adanya pandemi, aturan kedatangan di bandara adalah dua jam sebelum keberangkatan pesawat. Namun, ketika ada kejadian pandemi ini bagi pemegang tiket Lion Air harus telah tiba di bandara empat jam lebih awal sebelum pesawat lepas landas.

Persiapkanlah diri Anda sebelum berangkat ke bandara. Pasanglah alarm atau pengingat agar Anda tidak melewatkan waktu keberangkatan.

4. Membawa Dokumen Tambahan untuk Kriteria Tertentu

Bagi seseorang yang akan melakukan perjalanan kerja atau sedang dalam keadaan penanganan kesehatan darurat, Anda harus membawa beberapa perlengkapan dokumen lain.

Kelompok yang memiliki kriteria khusus tersebut antara lain seseorang yang melakukan perjalanan dengan lembaga pemerintah atau swasta, orang yang membutuhkan penanganan pelayanan kesehatan atau kondisi darurat seperti mengantar orang sakit, dan pemulangan seseorang dari luar negeri ke daerah asal.

Anda harus menyiapkan beberapa dokumen seperti menunjukkan surat tugas resmi bagi yang bekerja. Bagi yang pulang dari sekolah di luar negeri atau pekerja migran, harus menunjukkan surat dari universitas, sekolah, atau surat dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Untuk yang naik pesawat karena kondisi darurat, misalnya harus ke tempat dengan pelayanan kesehatan lebih baik, Anda harus menunjukkan surat rujukan dari rumah sakit. Bagi pendamping, tunjukkan dokumen yang sama dengan penumpang pada umumnya.

Selain syarat di atas, para pemegang tiket Lion Air juga diwajibkan menggunakan masker selama penerbangan berlangsung. Menjaga kebersihan juga wajib dilakukan agar seluruh penumpang terasa nyaman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *